Senin, 08 Maret 2010

Merangsang Pembungaan Pohon Anggur


Tanaman anggur yang sudah berumur setahun sudah dapat mengeluarkan bunga. Secara umum anggur dapat berbuah 2 kali setahun. Anggur dalam pot lebih mengutamakan keindahannya, sehingga adanya buah hampir sepanjang tahun lebih utama dari pada jumlah buah yang dihasilkan.


Untuk membungakan anggur, yang terpenting adalah pemangkasan. Waktu pemangkasan untuk tanaman anggur biasanya bulan Maret – April dan Juli – Agustus. Untuk anggur dalam pot supaya buah selalu ada hampir sepanjang tahun, pemangkasan dilakukan bertahap 3 kali (misalkan bulan April, Juni dan Agustus) dengan membagi cabang atau ranting menjadi 3 bagian dan dilakukan penggiliran pemangkasan.

Sehingga panen buahnya sekitar bulan Agustus, Oktober dan Desember. Pemangkasan dilakukan pada ujung anak ranting yang masih berwarna kehijauan dan membuang seluruh daun, sehingga tanaman menjadi gundul.


Tiga minggu sebelum pemangkasan tanaman diberi pupuk NPK sebanyak 2 sdm di sekeliling batang. Kalau pemangkasan kita anggap sebagai hari H, berarti pemupukan adalah H-21. Panen dapat dilakukan pada H+10.

Untuk lebih membantu keluarnya bunga, bisa juga ditambah dengan perlakuan stres air. Sejak sebulan sebelum pemangkasan (H-30) sampai dengan 4 hari sebelum pemangkasan (H-4) tanaman tidak diberi air atau dikurangi seminimal mungkin, asal tanaman tidak mati kekeringan. Kemudian 3 hari sebelum pemangkasan (H-3) tanaman kembali disiram dengan air sampai 5 hari sebelum panen (H+105). Tanaman anggur kembali disiram pada 4 hari sebelum panen (H+106) sampai kalau kita ingin memangkas kembali.

Pemupukan lewat daun juga dapat membantu terbentuknya bunga pada tanaman anggur. Semprotkan pupuk Gandasil D pada 5 hari sesudah pemangkasan (H+5) tiap 5 hari sekali untuk merangsang pembentukan daun baru. Gandasil D adalah pupuk lengkap dengan komposisi yang merangsang pertumbuhan daun. Pada saat daun mulai muncul (H+20), semprotkan Gandasil B dengan dosisi sesuai anjuran pada kemasannya. Gandasil B adalah pupuk lengkap dengan komposisi yang diperuntukkan merangsang pembentukan bunga dan buah.

Untuk Lebih jelasnya perlakuan terhadap tanaman anggur agar bisa berbuah dapat dilihat pada skema/jadwal di bawah ini

Hari

Perlakuan

Keterangan

H-30

Stop penyiraman

H-30 s.d. H-2

H-21

NPK 2 sdm


H-3

Siram

H-3 s.d. H+65

H

Pangkas

Bulan 4, 6, dan 8

H+5

Semprot Gandasil D


H+10

Semprot Gandasil D


H+15

Semprot Gandasil D


H+20

Semprot Gandasil B


H+25

Semprot Gandasil B


H+66

Stop penyiraman

H+66 s.d. H+105

H+106

Siram

H+106 dst

H+110

Panen



Ranting yang buahnya sudah dipanen, harus diistirahatkan minimal 1 bulan, sesudah itu siap untuk dipangkas lagi agar berbuah kembali.(iman).

1 komentar:

THOMAS LIEM mengatakan...

Senang sekali makin banyak blog tentang anggur, semoga makin banyak juga teman2 yang berminat menanamnya, menyehatkan keluarga dan menghijaukan bumi tercinta. Info tentang anggur silahkan kunjungi www.thomasgrape.blogspot.com