Minggu, 14 Maret 2010

Keuntungan Penggunaan Mulsa Plastik Hitam-Perak pada Tanaman Cabai (Capsicum annum sp)



Cabe atau lombok (Capsicum annum) termasuk suku Selanaceae dan merupakan tanaman yang mudah ditanam di dataran rendah ataupun di dataran tinggi. Tanaman cabe banyak mengandung vitamin A dan C serta mengandung minyak atsiri, yang rasanya pedas dan memberikan kehangatan panas bila kita gunakan untuk rempah-rempah (bumbu dapur).Kita sering melihat para ibu rumah tangga yang menanam cabe sebagai selingan yang menguntungkan. Hasil buahnya bisa dipakai untuk kebutuhan sehari-hari, tanpa harus membelinya di pasar. Saat ini sejalan dengan perkembangan zaman maka budidaya tanaman cabai pun sudah bergerak kearah yang lebih baik lagio untuk menjagha produk agar tetap meningkat dan juga kualitas dari produk yang dihasilkan, salah satunya yaitu dengan Mulasa plastic hitam perak.


Penggunaan mulsa plastic hitam perak yang dianggap baik di daerah subtropis adalah yang berwarna hitam dengan ketebalan 50 mikron. Mulsa Plastik Hitam (MPHP) sudah membudaya pada tanaman mentimun, tomat, strawberri dan kubis bunga.
Adaptasi atau pengembangan teknologi sistem Mulsa Plastik dirintis oleh Jepang dan Taiwan yang memperkenalkan Mulsa Plastik Hitam Perak (MPHP). MPHP ini memiliki dua muka dan dua warna, yaitu muka pertama berwarna hitam dan muka kedua berwarna perak. Warna hitam untuk menutup permukaan tanah, warna perak sebagai permukaan atas tempat menanam suatu tanaman budidaya.


Keuntungan bertani sistem MPHP antara lain :

Pemberian pupuk dapat dilakukan sekaligus total sebelum tanam.

Warna hitam dari mulsa menimbul-kan kesan gelap sehingga dapat menekan rumput-rumput liar atau gulma.

Warna perak dari mulsa dapat memantulkan sinar matahari ; sehingga dapat mengurangi hama aphis, trips dan tungau, serta secara tidak langsung menekan serangan penyakit virus.



Menjaga tanah tetap gembur, suhu dan kelembaban tanah relatif tetap (stabil).



Mencegah tercucinya pupuk oleh air hujan, dan penguapan unsur hara oleh sinar matahari.



Buah cabai yang berada di atas permukaan tanah terhindar dari percikan air tanah sehingga dapat mengurangi resiko berjangkitnya penyakit busuk buah.



Kesuburan tanah karena pemupukan dapat merata, sehingga pertumbuhan dan produksi tanaman budidaya relatif seragam (homogen).



Praktis untuk melakukan sterilisasi tanah dengan menggunakan gas fumigan seperti Basamid-G, karena fungsi MPHP mempercepat proses pembentukan gas zat fumigan tanpa harus membeli plastik khusus.



Secara ekonomis penggunaan MPHP dapat mengurangi pekerjaan penyiangan dan penggemburan tanah, sehingga biaya pengadaan MPHP dapat dialokasikan dari biaya pemeliharaan tanaman tersebut.



Pada musim kering (kemarau), MPHP dapat menekan penguapan air dari dalam tanah, sehingga tidak terlalu sering untuk melakukan penyiraman (pengairan).(iman&berbagai sumber)

1 komentar:

Anonim mengatakan...

mulsa bikin akar cepat busuk, buah juga